HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN (S1) SEMESTER IV DI STIKES WIRA HUSADA YOGYAKARTA

Handika, Handika (2024) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN (S1) SEMESTER IV DI STIKES WIRA HUSADA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, STIKES WIRA HUSADA.

[thumbnail of File 1. KP.20.01.451_BAB-1_BAB-V_dan_Daftar_Pustaka.pdf] Text
File 1. KP.20.01.451_BAB-1_BAB-V_dan_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of File 2. BAB-II_BAB-III_BAB-IV.pdf] Text
File 2. BAB-II_BAB-III_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[thumbnail of File 4. KP.20.01.451_HANDIKA_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
File 4. KP.20.01.451_HANDIKA_NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (534kB)

Abstract

Latar Belakang: Motivasi diartikan sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri untuk melakukan serangkaian kegitan belajar guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mencapai motivasi belajar yang baik, seorang mahasiswa membutuhkan dorongan dan dukungan sosial yang berasal dari orang tua, teman, relasi atau lingkungan sekitarnya, karena dukungan sosial merupakan keberadaan orang lain yang dapat diandalkan untuk memberi bantuan, semangat, penerimaan dan perhatian, sehingga bisa meningkatkan motivasi belajar mahasiswa tersebut.

Tujuan Penelitian: Mengidentifikasi hubungan dukungan sosial dan keinginan belajar pada mahasiswa keperawatan (S1) semester IV STIKES Wira Husada Yogyakarta.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif noneksperimen dengan menggunakan desain atau rancangan crosssectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa prodi keperawatan (S1) semester IV sebanyak 30 mahasiswa di STIKES Wira Husada Yogyakarta. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling dengan jumlah sampel 30 responden. Alat Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan Analisa data menggunakan spearman rank.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan (S1) semester IV memperoleh nilai signifikan (p=0,012<0,05) dengan nilai korelasi koefisien sebesar 0,452 yang berarti ada keeratan hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar.

Kesimpulan: Ada hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan (S1) semester IV di STIKES Wira Husada Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi )
Creators:
Creators
NIM/NIDN
Email
Handika, Handika
KP.20.01.451
UNSPECIFIED
Contributors:
Contribution
Thesis Advisor
NIDN/NIDK
Email
Thesis advisor
Patria, Asda
0527038201
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Nur, Hidayat
0509097601
UNSPECIFIED
Corporate Creators: STIKES WIRA HUSADA YOGYAKARTA
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Motivasi Belajar, Mahasiswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Thesis Strata: Sarjana (S1)
Divisions: KEPERAWATAN (S1)
Depositing User: Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:23
Last Modified: 30 Aug 2024 03:23
URI: http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item
View Item