HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN DI PUSKESMAS DEPOK 2 KABUPATEN SLEMAN YOGYAKATA

Silibar, Wenda (2024) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN DI PUSKESMAS DEPOK 2 KABUPATEN SLEMAN YOGYAKATA. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WIRA HUSADA.

[thumbnail of FILE 1. KM.17.00580_BAB 1_BAB V DAN DAFTAR_PUSTAKA_compressed.pdf] Text
FILE 1. KM.17.00580_BAB 1_BAB V DAN DAFTAR_PUSTAKA_compressed.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of FILE 2. BAB II_BAB III_BAB IV.pdf] Text
FILE 2. BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of FILE 4. _Silibar Wenda_KM.17.00580_Naskah Publikasi_compressed.pdf] Text
FILE 4. _Silibar Wenda_KM.17.00580_Naskah Publikasi_compressed.pdf - Published Version

Download (352kB)

Abstract

Latar Belakang:
Pembangunan kesehatan adalah salah satu pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan minat, kemampuaan, dan kesadaran masyarakat akan hidup sehat sehingga tercapai kesehatan masyarakat yang optimal. Oleh karena itu, setiap individu, keluarganya, dan masyarakat secara umum harus memiliki akses terhadap pelayanan dan perlindungan kesehatan. Pengertian mutu pelayanan kesehatan sendiri telah dipahami secara luas, namun pelaksanaannya masih menemukan berbagai tantangan khususnya karena mutu pelayanan bersifat subyektif. Minat kunjungan ulang pasien sangat dipengaruhi oleh kepuasan dan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan sebelumnya.

Tujuan Penelitian:
Untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan minat kunjungan ulang pasien di Puskesmas Depok 2 Kabupaten Sleman Yogyakarta

Metode Penelitian:
Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berarti data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, dan dokumen resmi lainnya.

Hasil Penelitian:
Berdasarkan hasil observasi/wawancara yang diperoleh bahwa hampir semua responden menanggap puas dan nyaman saat melakukan kunjungan ke Puskesmas Depok II, hal ini artinya terdapat ada hubungan antara mutu pelayanan dengan 5 dimensi (Daya tanggap, kehandalan, jaminan, bukti fisik, dan empati) ditemukan bahwa semua dimensi mempengruhi minat kunjungan ulang ke Puskemas

Kesimpulan:
Ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan minat kunjungan ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi )
Creators:
Creators
NIM/NIDN
Email
Silibar, Wenda
KM.17.00580
UNSPECIFIED
Contributors:
Contribution
Thesis Advisor
NIDN/NIDK
Email
Thesis advisor
Novita, Sekarwati
0501118401
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sunaryo, Sunaryo
0526016502
UNSPECIFIED
Corporate Creators: PUSKESMAS DEPOK 2 KABUPATEN SLEMAN YOGYAKATA
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Minat Kunjungan Ulang
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang
Thesis Strata: Sarjana (S1)
Divisions: ILMU KESEHATAN MASYARAKAT
Depositing User: Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:36
Last Modified: 22 Jul 2025 06:45
URI: http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item
View Item