HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN DENGAN MUTU ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MITRA PARAMEDIKA YOGYAKARTA

Kondo, Andereas Yulius (2020) HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN DENGAN MUTU ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MITRA PARAMEDIKA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WIRA HUSADA.

[thumbnail of 1601124_BAB_I_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1601124_BAB_I_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_BAB_III_BAB_IV.pdf] Text
BAB_II_BAB_III_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (833kB)

Abstract

Latar Belakang: Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan adalah melalui pelayanan kesehatan, perlu campur tangan pelayanan kesehatan agar tercapai derajat kesehatan masyarakat yang efektif, efisien, dan terarah. Studi pendahuluan pada 9 pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Mitra Paramedika Yogyakarta di ruang Nakula, Yudistira, Sadewa, dan Bima. di ruang Sadewa 1 orang mengatakan puas, sedangkan di ruang Bima 4 pasien mengatakan puas sehingga ada 5 pasien (55,5%) mengatakan sangat puas dengan pelayanan keperawatan yang diberikan perawat. Namun, di ruang Nakula ada 2 pasien mengatakan kurang puas dan Yudistira 2 mengatakan kurang puas sehingga 4 pasien (44,5 %) mengatakan kurang puas dengan pelayanan keperawatan yang diberikan perawat. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien terhadap mutu asuhan keperawatan pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Mitra Paramedika Yogyakarta. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Populasi adalah pasien rawat inap di RSU mitra paramedika sebanyak 3417 orang dengan jumlah sampel 77 responden. Analisis data menggunakan sperman rank. Hasil penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan kepuasan terhadap mutu asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSU Mitra Paramedika Yogyakarta dengan nilai p = 0, 332 Kepuasan pasien sebesar (74%) dan mutu asuhan keperawatan ( 68,8% ). Kesimpulan : Kepuasan pasien di RSU Mitra Paramedika Yogyakarta masuk kategori baik dan mutu asuhan keperawatan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi )
Creators:
Creators
NIM/NIDN
Email
Kondo, Andereas Yulius
KP. 16.01124
UNSPECIFIED
Contributors:
Contribution
Thesis Advisor
NIDN/NIDK
Email
Thesis advisor
Nur Yeti, Syarifah
0506088003
nuryeti_syarifah@yahoo.co.id
Thesis advisor
Nasiatul Aisyah, Salim
0518028801
aisyah.salim88@gmail.com
Corporate Creators: RUMAH SAKIT UMUM MITRA PARAMEDIKA YOGYAKARTA
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, mutu asuhan keperawatan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 361 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Thesis Strata: Sarjana (S1)
Divisions: KEPERAWATAN (S1)
Depositing User: Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:30
Last Modified: 23 Feb 2023 03:16
URI: http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item
View Item