ENSAWAN, ENSAWAN (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU ISO/IEC 17025:2017 DI UPTD LABORATORIUM KESEHATAN DAERAH SLEMAN. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WIRA HUSADA.
![[thumbnail of FILE 1. KMP2200752_BAB I_BAB V dan daftar_pustaka_compressed.pdf]](http://repository.stikeswirahusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FILE 1. KMP2200752_BAB I_BAB V dan daftar_pustaka_compressed.pdf - Published Version
Download (345kB)
![[thumbnail of FILE 2. BAB II_ BAB III_ BAB IV.pdf]](http://repository.stikeswirahusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FILE 2. BAB II_ BAB III_ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (390kB)
![[thumbnail of FILE 4. KMP2200752_ ENSAWAN_NASKAH PUBLIKASI.pdf]](http://repository.stikeswirahusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FILE 4. KMP2200752_ ENSAWAN_NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version
Download (420kB)
Abstract
Pendahuluan:
ISO 17025 (International Organization for Standardization 17025) merupakan manajemen mengembangkan pengendalian teknis dan kualitas dalam mendukung operasional laboratorium. Akreditasi pelayanan laboratorium di Indonesia dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasioanal Pemerintah (BANP) melalui Komete Akreditasi Nasional (KAN). Berdasarkan obervasi pendahuluan dari peneliti dari 114 pelanggan terdapat 74 pelanggan masih belum puas mengenai lamanya proses uji hingga laporan hasil uji ke pelanggan.
Tujuan Penelitian:
Untuk mengetahui gambaran mengenai input penyebab lamanya proses sampel uji dan gambaran mengenai implementasi manajemen mutu ISO/IEC 17025:2017 yang diterapkan di UPTD. Laboratorium Kesehatan Daerah Sleman.
Metode penelitian:
Deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan reduksi data, penyajian dan penarikan hasil.
Hasil:
Penelitian ini menunjukkan implementasi manajemen mutu ISO/IEC 17025:2017 yang diterapkan di UPTD. Laboratorium Kesehatan Daerah Sleman telah berjalan baik. Dibuktikan adanya penyediaan sarana dan prasarana berbasis Standar Nasional Indonesia (SNI), komitmen kepala UPTD untuk menjadikan laboratorium kesehatan terakreditasi SNI ISO/IEC dari KAN melalui BANP, penerapan budaya intruksi kinerja sesuai standar opersional prosedur, dan mengoptimalkan kerja sama dengan berbagai pihak. Penerapan tersebut berimplikasi pada peningkatan pelanggan dan komitmen pemangku kepentingan, serta peningkatan kerja sama dengan pihak-pihak terkait.
Kesimpulan:
Berdasarkan analisis dan wawancara peneliti bahwa mekanisme sampel uji yang masuk akan menunda pola pengujian karena pelanggan belum terbiasa dengan metode pengujian laboratorium di UPTD. Laboratorium Kesehatan Daerah Sleman yang telah terakrditasi Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO/IEC 17025:2017.
Item Type: | Thesis (Skripsi ) |
---|---|
Creators: | Creators NIM/NIDN Email ENSAWAN, ENSAWAN KMP 2200752 UNSPECIFIED |
Contributors: | Contribution Thesis Advisor NIDN/NIDK Email Thesis advisor Subagiyono, Subagiyono 0531037044 UNSPECIFIED Thesis advisor Novita, Sekarwati 0501118401 UNSPECIFIED |
Corporate Creators: | UPTD LABORATORIUM KESEHATAN DAERAH SLEMAN |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Mutu, ISO 17025, ISO/IEC 17025 : 2017 |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 389 Metrologi dan standardisasi |
Thesis Strata: | Sarjana (S1) |
Divisions: | ILMU KESEHATAN MASYARAKAT |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:15 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 04:15 |
URI: | http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/617 |