PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

LELLI, AROFAH (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WIRA HUSADA.

[thumbnail of FILE 1. KP2001434_BAB 1_BAB 5_DAN DAFTAR_PUSTAKA 1_compressed.pdf] Text
FILE 1. KP2001434_BAB 1_BAB 5_DAN DAFTAR_PUSTAKA 1_compressed.pdf - Published Version

Download (873kB)
[thumbnail of FILE 2. BAB II_BAB III_BAB IV.pdf] Text
FILE 2. BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[thumbnail of FILE 4. KP2001434_Lelli Arofah_Naskah Publikasi.pdf] Text
FILE 4. KP2001434_Lelli Arofah_Naskah Publikasi.pdf - Published Version

Download (859kB)

Abstract

Latar Belakang:
Kesehatan reproduksi merupakan kesehatan dalam keadaan sejahtera fisik, mental, dan sosial yang utuh, bebas dari penyakit dan kelainan dalam segala hal yang berkaitan dengan fungsi, sistem, dan proses reproduksi. Masalah kesehatan reproduksi yang memungkinkan dialami oleh remaja diantaranya adalah Penyakit Menular Seksual (PMS), Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD), aborsi, dan penyalahgunaan NAPZA. Rendahnya pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja salah satunya disebabkan oleh kurangnya paparan informasi kesehatan reproduksi dan pendidikan kesehatan. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan salah satunya dengan memberikan pendidikan kesehatan melalui media video yang dapat menarik perhatian siswa untuk menggambarkan suatu objek secara detail.

Tujuan Penelitian:
Mengidentifikasi adanya pengaruh Pendidikan kesehatan dengan media video terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi remaja di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Metode Penelitian:
Dalam penelitian ini menggunakan pre-eksperimen one group dengan menggunakan pendekatan pretest dan posttest design, dengan sampel populasi sebesar 39 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling, analisis data menggunakan uji marginal homogeneity.

Hasil:
Hasil didapatkan tingkat pengetahuan sebelum intervensi memiliki pengetahuan kurang dengan proposi 53,8% dan sesudah intervensi memiliki pengetahuan baik dengan proposi 61,5%. Hasil uji marginal homogeneity didapatkan nilai p value sebesar 0,000 (<0,05) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Kesimpulan:
Ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi remaja di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi )
Creators:
Creators
NIM/NIDN
Email
LELLI, AROFAH
KP.20.01.43
UNSPECIFIED
Contributors:
Contribution
Thesis Advisor
NIDN/NIDK
Email
Thesis advisor
Nur, Yeti Syarifah
0506088003
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Yuli, Ernawati
0522088002
UNSPECIFIED
Corporate Creators: SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Reproduksi, Remaja, Pendidikan Kesehatan
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 613 Ilmu Kesehatan Umum dan keamanan
Thesis Strata: Sarjana (S1)
Divisions: KEPERAWATAN (S1)
Depositing User: Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com
Date Deposited: 26 Mar 2025 03:01
Last Modified: 26 Mar 2025 03:01
URI: http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item
View Item