HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS UMBULHARJO 1 YOGYAKARTA

ATANASIA, FLORENTIA YULET (2024) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS UMBULHARJO 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, STIKES WIRA HUSADA.

[thumbnail of FILE 1_2201613_COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
FILE 1_2201613_COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of FILE 2_2201613_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf] Text
FILE 2_2201613_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[thumbnail of FILE 4_2201613_NASKAH PUBLIKASI.pdf] Text
FILE 4_2201613_NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Tingkat kepuasan pelayanan sangat berhubungan dengan mutu suatu produk (baik berupa barang maupun jasa) sehingga pengukuran tingkat kepuasan atau suatu produk. Sangat erat hubungannya dengan mutu produk tersebut pelanggan puas, akan membeli lebih banyak dan lebih sering, mereka yang akan merekomendasikan kepada kerabat dan teman-temannya.

Tujuan penelitian : Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Umbulharjo 1 Yogyakarta.

Metode : Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di Puskesmas Umbulharjo 1 Yogyakarta yang diambil berdasarkan data kunjungan pasien pada bulan Agustus tahun 2023 sejumlah 436 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien di Puskesmas Umbulharjo 1 Yogyakarta sesuai dengan kriteria inklusi sebanyak 81 orang berdasarkan metode Purposive Sampling. Variabel yang diteliti kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Instrumen yang digunakan kuesioner dan data dianalisis dengan spearman rank.

Hasil : Berdasarkan hasil uji spearman rank didapatkan p-value= 0,000, dimana <0.005. Nilai koefiesen korelasi sebesar 0,487, tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara variabel Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Umbulharjo 1 Yogyakarta adalah sangat kuat dan bernilai positif. Hubungan kedua variabel tersebut searah.

Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien. Semakin baik kualitas pelayanan maka kepuasan pasien semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi )
Creators:
Creators
NIM/NIDN
Email
ATANASIA, FLORENTIA YULET
KPP2201613
UNSPECIFIED
Contributors:
Contribution
Thesis Advisor
NIDN/NIDK
Email
Thesis advisor
Patria, Asda
0527038201
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Anida, Anida
0529107901
UNSPECIFIED
Corporate Creators: PUSKESMAS UMBULHARJO 1 YOGYAKARTA
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang
Thesis Strata: Sarjana (S1)
Divisions: KEPERAWATAN (S1)
Depositing User: Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:16
Last Modified: 30 Aug 2024 03:16
URI: http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item
View Item