HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSUD WONOSARI

Kartini, Kartika (2020) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSUD WONOSARI. Skripsi thesis, STIKES WIRA HUSADA.

[thumbnail of FILE 1_COVER_BAB 1_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
FILE 1_COVER_BAB 1_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of FILE 2_BAB 2_BAB 3_BAB 4.pdf] Text
FILE 2_BAB 2_BAB 3_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (690kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Komunikasi merupakan aspek penting dalam profesi keperawatan yang bermanfaat untuk mendorong adanya kerja sama antara perawat dan pasien. Dalam pemberian asuhan keperawatan pelaksanaan komunikasi terapeutik sebagian perawat, belum maksimal melaksakan komunikasi terapeutik dalam pelayanan keperawatan. Sehingga mempengaruhi kepuasan pasien, sedangkan komunikasi terapeutik dibutuhkan dalam setiap kegiatan dan tindakan.

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di RSUD Wonosari

Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat inap diruang cempaka RSUD Wonosari yang berjumlah 111 orang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan penentuan besar sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebanyak 53 pasien. Alat penggumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan spearman rank.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan tidak ada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan dengan nilai r= 0,312 dengan signifikansi 0,047 (p>0,05). Komunikasi terapeutik yang dilakukan perawat dalam kategori baik 24 responden (60%), cukup yaitu sebanyak 16 responden (40%). Pelayanan dalam keperawatan kategori memuaskan sebanyak 38 responden (95,0%), cukup memuaskan 2 responden (5,0%).

Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di RSUD Wonosari.

Item Type: Thesis (Skripsi )
Creators:
Creators
NIM/NIDN
Email
Kartini, Kartika
KP 1601192
UNSPECIFIED
Contributors:
Contribution
Thesis Advisor
NIDN/NIDK
Email
Thesis advisor
Ika, Mustika Dewi
0515078801
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Handriani, Kristanti
0525049201
UNSPECIFIED
Corporate Creators: RSUD WONOSARI
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Terapeutik, Perawat, Kepuasan, Pasien Rawat Inap
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Thesis Strata: Sarjana (S1)
Divisions: KEPERAWATAN (S1)
Depositing User: Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com
Date Deposited: 28 Nov 2023 02:25
Last Modified: 28 Nov 2023 02:25
URI: http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item
View Item