PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN DI PUSKESMAS KAREKA NDUKU KABUPATEN SUMBA BARAT, NTT

Dodi, Doris Bayo (2021) PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN DI PUSKESMAS KAREKA NDUKU KABUPATEN SUMBA BARAT, NTT. Skripsi thesis, STIKES WIRA HUSADA.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of FILE 1_KM.17.00574_BAB I DAN BAB V.pdf]
Preview
Text
FILE 1_KM.17.00574_BAB I DAN BAB V.pdf - Published Version

Download (812kB) | Preview
[thumbnail of FILE 2_BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf] Text
FILE 2_BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (584kB)

Abstract

Latar Belakang: Data Puskesmas menunjukkan bahwa jumlah kunjungan pasien terjadi penurunan selama 5 bulan berturut-turut. Penurunan jumlah kunjunganpasien di Puskesmas Kareka Nduku, disebabkan karena rendahnya tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Kareka Nduku dalam beberapa bulan terakhir ini. Dari hasil studi pendahaluan 20 pasien yang melakukan pengobatan di Puskesmas Kareka Nduku, sebanyak 12 pasien tidak berminat melakukan kunjungan ulang di Puskesmas.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap minat kunjungan ulang pasien di Puskesmas Kareka Nduku Kabupaten Sumba Barat, NTT.

Metode: Penelitian ini kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini 347 responden, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling sebanyak 78 responden. Uji analisis yang digunakan adalah uji statistik Regresi Logistik.

Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik Regresi Logistik terdapat pengaruh antara mutu pelayanan terhadap minat kunjungan ulang pasien di Puskesmas Kareka Nduku Kabupaten Sumba Barat, NTT dengan nilai P-value = 0,001 (P<0,05) dan nilai Exp(B) yang artinya apabila mutu pelayanan yang baik meningkat sebanyak 22,857 maka pasien akan melakukan kunjungan ulang.

Kesimpulan: Ada pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap minat kunjungan ulang pasien di Puskesmas Kareka Nduku Kabupaten Sumba Barat, NTT.

Item Type: Thesis (Skripsi )
Creators:
Creators
NIM/NIDN
Email
Dodi, Doris Bayo
KM.17.00574
UNSPECIFIED
Contributors:
Contribution
Thesis Advisor
NIDN/NIDK
Email
Thesis advisor
Ronald, Ronald
0509108701
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sugiman, Sugiman
9905000578
UNSPECIFIED
Corporate Creators: PUSKESMAS KAREKA NDUKU KABUPATEN SUMBA BARAT
Uncontrolled Keywords: mutu pelayanan, minat kunjungan ulang
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang
Thesis Strata: Sarjana (S1)
Divisions: ILMU KESEHATAN MASYARAKAT
Depositing User: Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:39
Last Modified: 13 Feb 2023 02:39
URI: http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item
View Item