FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLI UMUM PUSKESMAS PATUK 1 GUNUNG KIDUL DI YOGYAKARTA

Ardianto, Damma (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLI UMUM PUSKESMAS PATUK 1 GUNUNG KIDUL DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, STIKES WIRA HUSADA.

[thumbnail of FILE 1_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
FILE 1_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of FILE 2_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf] Text
FILE 2_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (946kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Ditinjau dari aspek admistrasi dan kebijakan kesehatan, faktorfaktor yang berhubungan kepuasan pasien poli umum diantaranya kehandalan, empaty, bukti fisik, jaminan, ketanggapan. Mutu adalah penyesuaian terhadap keinginan pelanggan dan sesuai dengan standar yang berlaku serta tercapainya tujuan yang diharapkan, dengan semakin meningkatnya kualitas pelayanan maka fungsi pelayanan di puskesmas perlu ditingkatkan agar menjadi lebih efektif dan efesien serta memberikan kepuasan terhadap pasien dan masyarakat (Khusnawati, 2010)

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di poli umum Puskesmas I Gunung Kidul Patuk Yogyakarta.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 orang

Hasil: Hasil uji korelasi chi-square 4 indikator terdapat hubungan dengan kepuasan pasien yaitu: jaminan, bukti fisik, ketanggapan, empaty dan 1 indikator tidak terdapat hubungan yaitu: kehandalan. Tingkat kepuasan pasien menurut responden di poli umum puskesmas patuk I gunung kidul., tingkat kepuasan pasien berada pada kategori baik.

Kesimpulan: Hubungan tingkat mutu pelayanan kesehatan menurut responden atau pasien di poli umum Puseksmas Patuk I Gunung Kidul, didapatkan hubungan dari tiap indikator yaitu kehandalan tidak ada hubungan dengan kepuasan pasien, jaminan ada hubungan dengan kepuasan pasien, bukti fisik ada hubungan dengan kepuasan pasien, empaty ada hubungan dengan kepuasan pasien, ketanggapan ada hubungan dengan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi )
Creators:
Creators
NIM/NIDN
Email
Ardianto, Damma
KM.17.00568
UNSPECIFIED
Contributors:
Contribution
Thesis Advisor
NIDN/NIDK
Email
Thesis advisor
Ronald, Ronald
0509108701
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Ignatius, Djuniarto
0526066201
UNSPECIFIED
Corporate Creators: PUSKESMAS PATUK 1 GUNUNG KIDUL DI YOGYAKARTA
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor berhubungan dengan kepuasan pasien
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang
Thesis Strata: Sarjana (S1)
Divisions: ILMU KESEHATAN MASYARAKAT
Depositing User: Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:26
Last Modified: 09 Feb 2023 03:26
URI: http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item
View Item