HUBUNGAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN BANGUNTAPAN BANTUL

Meilani, Samadara (2020) HUBUNGAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, STIKES WIRA HUSADA.

[thumbnail of FILE_1_HALAMAN JUDUL_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
FILE_1_HALAMAN JUDUL_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of FILE_2_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf] Text
FILE_2_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of FILE_4_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
FILE_4_NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Game online merupakan permainan modern yang sudah menjadi trend untuk masa sekarang dan peminatnya pun dimulai dari anak-anak sampai usia dewasa. Anak sekolah merupakan kelompok yang mudah terpengaruh oleh game online terutama anak sekolah dasar. Bermain game Online secara tidak langsung berdampak pada motivasi belajar anak sekolah dasar menjadi kurang karena waktu dan tenaga yang dipergunakan banyak dihabiskan untuk bermain game dari pada belajar, sehingga anak sekolah dasar menjadi malas belajar, menunda tugas sekolah, dan bermain game ketika proses pembelajaran.

Tujuan: Diketahui Hubungan Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar di SDN Banguntapan Bantul.

Metode: Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik menggunakan metode pendekatan cross sectional. Sampel penelitian yaitu 38 siswa kelas V dan 35 siswa kelas VI SDN Banguntapan Bantul. Teknik pengambilan sampel secara total sampling. Teknik analisa data di uji menggunakan uji spearman rank.

Hasil: Hasil analisis data menggunakan uji Spearman rank dari kedua variabel yaitu variabel bermain game online dan variabel motivasi belajar diperoleh p value 0,001 < (0,05). Frekuensi bermain game online dengan kategori jarang sebesar (74,0 %), kategori sering sebesar (26,0 %) dan motivasi belajar kategori baik sebesar (52,7%), kategori kurang sebesar (47,9).

Kesimpulan: Frekuensi bermain game online pada anak sekolah dasar di SDN Banguntapan Bantul termasuk dalam kategori jarang. Motivasi belajar pada anak sekolah dasar di SDN Banguntapan termasuk dalam kategori baik. sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada Hubungan yang signifikan antara Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar di SDN Banguntapan Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi )
Creators:
Creators
NIM/NIDN
Email
Meilani, Samadara
KM.16.00620
UNSPECIFIED
Contributors:
Contribution
Thesis Advisor
NIDN/NIDK
Email
Thesis advisor
Prastiwi, Putri Basuki
0529017802
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Andri, Purwandari
0508088702
UNSPECIFIED
Corporate Creators: SDN BANGUNTAPAN BANTUL
Uncontrolled Keywords: Game Online, Motivasi Belajar, Anak Sekolah Dasar.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Thesis Strata: Sarjana (S1)
Divisions: ILMU KESEHATAN MASYARAKAT
Depositing User: Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:41
Last Modified: 31 Jan 2023 02:41
URI: http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item
View Item