Meilani, Samadara (2020) HUBUNGAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, STIKES WIRA HUSADA.
FILE_1_HALAMAN JUDUL_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of FILE_2_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf]](http://repository.stikeswirahusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FILE_2_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (303kB)
FILE_4_NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
Abstract
Latar Belakang: Game online merupakan permainan modern yang sudah menjadi trend untuk masa sekarang dan peminatnya pun dimulai dari anak-anak sampai usia dewasa. Anak sekolah merupakan kelompok yang mudah terpengaruh oleh game online terutama anak sekolah dasar. Bermain game Online secara tidak langsung berdampak pada motivasi belajar anak sekolah dasar menjadi kurang karena waktu dan tenaga yang dipergunakan banyak dihabiskan untuk bermain game dari pada belajar, sehingga anak sekolah dasar menjadi malas belajar, menunda tugas sekolah, dan bermain game ketika proses pembelajaran.
Tujuan: Diketahui Hubungan Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar di SDN Banguntapan Bantul.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik menggunakan metode pendekatan cross sectional. Sampel penelitian yaitu 38 siswa kelas V dan 35 siswa kelas VI SDN Banguntapan Bantul. Teknik pengambilan sampel secara total sampling. Teknik analisa data di uji menggunakan uji spearman rank.
Hasil: Hasil analisis data menggunakan uji Spearman rank dari kedua variabel yaitu variabel bermain game online dan variabel motivasi belajar diperoleh p value 0,001 < (0,05). Frekuensi bermain game online dengan kategori jarang sebesar (74,0 %), kategori sering sebesar (26,0 %) dan motivasi belajar kategori baik sebesar (52,7%), kategori kurang sebesar (47,9).
Kesimpulan: Frekuensi bermain game online pada anak sekolah dasar di SDN Banguntapan Bantul termasuk dalam kategori jarang. Motivasi belajar pada anak sekolah dasar di SDN Banguntapan termasuk dalam kategori baik. sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada Hubungan yang signifikan antara Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar di SDN Banguntapan Bantul.
Item Type: | Thesis (Skripsi ) |
---|---|
Creators: | Creators NIM/NIDN Email Meilani, Samadara KM.16.00620 UNSPECIFIED |
Contributors: | Contribution Thesis Advisor NIDN/NIDK Email Thesis advisor Prastiwi, Putri Basuki 0529017802 UNSPECIFIED Thesis advisor Andri, Purwandari 0508088702 UNSPECIFIED |
Corporate Creators: | SDN BANGUNTAPAN BANTUL |
Uncontrolled Keywords: | Game Online, Motivasi Belajar, Anak Sekolah Dasar. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Thesis Strata: | Sarjana (S1) |
Divisions: | ILMU KESEHATAN MASYARAKAT |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 02:41 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 02:41 |
URI: | http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/241 |