IYUD, PERMATASARI (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN (DITINJAU DARI KOMUNIKASI PERAWAT) DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSU QUEEN LATIFA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, STIKES WIRA HUSADA.
File 1. KMP 1800082_BAB I_BAB V_dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
File 2. BAB II_BAB III_ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (875kB)
File 4. NASKAH PUBLIKASI .pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Latar Belakang: Di rumah sakit ditemukan bahwa banyak perawat kekurangan penggunaan komunikasi kepada klien dan terlalu berorientasi pada tugas. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh keluhan pasien mengenai pelayanan keperawatan yang kurang ramah (kurang senyum) dalam melayani pasien, serta kurangnya kejelasan informasi yang di sampaikan oleh perawat kepada pasien mengenai penyakit yang di derita pasien
Tujuan: Mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasam Pasien yang ditinjau dari Komunikasi Perawat di Poliklinik Penyakit Dalam RSU Queen Latifa Yogayakarta.
Metode: Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Queen Latifa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel diambil dengan menggunakan metode accidental sampling. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner. Analisis data menggunakan uji korelasi spearman rank dengan tingkat kemaknaan p<0,05.
Hasil: Sebagian besar responden menyatakan komunikasi perawat kategori tidak baik sebanyak 63 responden (68,5%) dan responden menyatakan tidak puas 66 responden (71,7%) terhadap pelayanan perawat.
Kesimpulan: Terdapat Hubungan Komunikasi Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSU Queen Latifa Yogyakarta (p = 0,000 < 0,05). Dengan kekuatan uji nilai koefisien sebesar 0,506 menunjukkan hubungan dalam kategori sedang, karena berada pada rentang 0,400 – 0,599.
Item Type: | Thesis (Skripsi ) |
---|---|
Creators: | Creators NIM/NIDN Email IYUD, PERMATASARI KM.P.18.000.82 UNSPECIFIED |
Contributors: | Contribution Thesis Advisor NIDN/NIDK Email Thesis advisor Dewi, Ariyani Wulandari 0509068401 UNSPECIFIED Thesis advisor Nur, Hidayat 0509097601 UNSPECIFIED |
Corporate Creators: | RSU QUEEN LATIFA YOGYAKARTA |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Perawat, Responsiviness, Attending Skill, Emphaty, Respect, tingkat kepuasan pasien |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang |
Thesis Strata: | Sarjana (S1) |
Divisions: | ILMU KESEHATAN MASYARAKAT |
Depositing User: | Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 02:44 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 02:44 |
URI: | http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/237 |