FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN (DITINJAU DARI KOMUNIKASI PERAWAT) DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSU QUEEN LATIFA YOGYAKARTA

IYUD, PERMATASARI (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN (DITINJAU DARI KOMUNIKASI PERAWAT) DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSU QUEEN LATIFA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, STIKES WIRA HUSADA.

[thumbnail of File 1. KMP 1800082_BAB I_BAB V_dan DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
File 1. KMP 1800082_BAB I_BAB V_dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of File 2. BAB II_BAB III_ BAB IV.pdf] Text
File 2. BAB II_BAB III_ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[thumbnail of File 4. NASKAH PUBLIKASI .pdf]
Preview
Text
File 4. NASKAH PUBLIKASI .pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Di rumah sakit ditemukan bahwa banyak perawat kekurangan penggunaan komunikasi kepada klien dan terlalu berorientasi pada tugas. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh keluhan pasien mengenai pelayanan keperawatan yang kurang ramah (kurang senyum) dalam melayani pasien, serta kurangnya kejelasan informasi yang di sampaikan oleh perawat kepada pasien mengenai penyakit yang di derita pasien

Tujuan: Mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasam Pasien yang ditinjau dari Komunikasi Perawat di Poliklinik Penyakit Dalam RSU Queen Latifa Yogayakarta.

Metode: Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Queen Latifa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel diambil dengan menggunakan metode accidental sampling. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner. Analisis data menggunakan uji korelasi spearman rank dengan tingkat kemaknaan p<0,05.

Hasil: Sebagian besar responden menyatakan komunikasi perawat kategori tidak baik sebanyak 63 responden (68,5%) dan responden menyatakan tidak puas 66 responden (71,7%) terhadap pelayanan perawat.

Kesimpulan: Terdapat Hubungan Komunikasi Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSU Queen Latifa Yogyakarta (p = 0,000 < 0,05). Dengan kekuatan uji nilai koefisien sebesar 0,506 menunjukkan hubungan dalam kategori sedang, karena berada pada rentang 0,400 – 0,599.

Item Type: Thesis (Skripsi )
Creators:
Creators
NIM/NIDN
Email
IYUD, PERMATASARI
KM.P.18.000.82
UNSPECIFIED
Contributors:
Contribution
Thesis Advisor
NIDN/NIDK
Email
Thesis advisor
Dewi, Ariyani Wulandari
0509068401
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Nur, Hidayat
0509097601
UNSPECIFIED
Corporate Creators: RSU QUEEN LATIFA YOGYAKARTA
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Perawat, Responsiviness, Attending Skill, Emphaty, Respect, tingkat kepuasan pasien
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang
Thesis Strata: Sarjana (S1)
Divisions: ILMU KESEHATAN MASYARAKAT
Depositing User: Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:44
Last Modified: 25 Jan 2023 02:44
URI: http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item
View Item