HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PADA ANAK PENYANDANG AUTIS USIA SEKOLAH DASAR DI SLB KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Marselina, Nansi Sara Wungo (2021) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PADA ANAK PENYANDANG AUTIS USIA SEKOLAH DASAR DI SLB KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, STIKES WIRA HUSADA.

[thumbnail of FILE 1_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
FILE 1_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (885kB) | Preview
[thumbnail of FILE 2_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf] Text
FILE 2_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Autisme merupakan gangguan perkembangan pada anak yang ditandai dengan adanya gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku (behavior), komunikasi dan interaksi sosial. Anak autis mengalami gangguan perkembangan, sehingga anak mengalami keterlambatan dalam proses belajar yang berdampak pada hasil belajar anak. Untuk itu diperlukan dukungan dari keluarga untuk dapat membantu anak meningkatkan proses belajar.

Tujuan penelitian: Untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan hasil belajar pada anak penyadang autis usia sekolah dasar di SLB Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Metode penelitian: Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling dengan sampel sebanyak 33 keluarga yang memiliki anak penyandang autis usia SD. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan Spearman Rank.

Hasil: Hasil Analisa data Spearman Rank dukungan keluarga baik 30 (90,9%), dukungan keluarga cukup 3 (9,1%) dengan nilai p value 0.035<0.05 yang berarti bahwa secara statistik ada hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan hasil belajar pada anak autis usia sekolah dasar di SLB Sleman Yogyakarta.

Kesimpulan: Ada hubungan antara dukungan keluarga dengan hasil belajar pada anak penyandang autis usia sekolah dasar di SLB Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi )
Creators:
Creators
NIM/NIDN
Email
Marselina, Nansi Sara Wungo
KP.17.01.243
UNSPECIFIED
Contributors:
Contribution
Thesis Advisor
NIDN/NIDK
Email
Thesis advisor
Yuli, Ernawati
0522088002
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Agnes, Erida Wijayanti
0514098403
UNSPECIFIED
Corporate Creators: SLB KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA
Uncontrolled Keywords: Anak, Autis, Dukungan Keluarga, Hasil Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Thesis Strata: Sarjana (S1)
Divisions: KEPERAWATAN (S1)
Depositing User: Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:08
Last Modified: 15 Dec 2023 02:08
URI: http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item
View Item