HUBUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA PANDEMI COVID-19 DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA TINGKAT AWAL STIKES WIRA HUSADA YOGYAKARTA

Oskarius, Oliver Sale (2021) HUBUNGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA PANDEMI COVID-19 DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA TINGKAT AWAL STIKES WIRA HUSADA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, STIKES WIRA HUSADA.

[thumbnail of FILE 1_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
FILE 1_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of FILE 2_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf] Text
FILE 2_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (933kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Gejala stres pada mahasiswa semakin meningkat setelah pandemi covid-19 menyerang. Masalah psikologi yang sering muncul dan dialami oleh mahasiswa adalah kecemasan berlebih, stres, hingga depresi. Hal ini terkait dengan pembelajaran jarak jauh yang memberikan beberapa efek pemicu bagi mahasiswa.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan pembelajaran jarak jauh di era pandemi covid-19 dengan tingkat stres mahasiswa.

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Non-Eksperimental yaitu penelitian analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 54 orang responden. Penelitian ini dilakukan di STIKES Wira Husada Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Analisisn data yang digunakan adalah uji statistik chi square untuk mengetahui hubungan antara 2 variabel.

Hasil: Hasil uji chi square menunjukan nilai significancy p>0,05 (p> = 0,039<0,05) sehingga ada hubungan antara pembelajaran jarak jauh di era pandemi covid-19 dengan tingkat stres mahasiswa tingkat awal di STIKES Wira Husada Yogyakarta.

Kesimpulan: Hasil pengolahan data menggunakan spss menghasilkan nilai p>0,05 (p = 0,039<0,05), sehingga Ho diterima dan artinya penitian ini ada hubungan yang bermakna secara statistik antara pembelajaran jarak jauh di era pandemi covid-19 dengan tingkat stres mahasiwa tingkat awal di STIKES Wira Husada Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi )
Creators:
Creators
NIM/NIDN
Email
Oskarius, Oliver Sale
KM.17.00564
UNSPECIFIED
Contributors:
Contribution
Thesis Advisor
NIDN/NIDK
Email
Thesis advisor
Ronald, Ronald
0509108701
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Nur, Yeti Syarifah
0506088003
UNSPECIFIED
Corporate Creators: STIKES WIRA HUSADA YOGYAKARTA
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, belajar, stres, covid-19
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
Thesis Strata: Sarjana (S1)
Divisions: ILMU KESEHATAN MASYARAKAT
Depositing User: Unnamed user with email lib.wirahusada@gmail.com
Date Deposited: 16 Feb 2023 04:07
Last Modified: 16 Feb 2023 04:07
URI: http://repository.stikeswirahusada.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item
View Item